Jatim Times Network Logo
31/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Hasil Survei, 80 persen Masyarakat Berencana Up Bujet Belanja Online 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

10 - Nov - 2022, 04:03

Ilustrasi belanja online. (pixabay)
Ilustrasi belanja online. (pixabay)

JATIMTIMES - InMobi, sebuah penyedia konten pemasaran, melakukan survei bertajuk The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide. Hasilnya, ditemukan  80 persen responden berencana untuk meningkatkan atau mempertahankan bujet belanja online dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Adapun alasan penambahan jumlah bujet belanja online itu diperuntukkan guna meningkatkan konsumsi ke merek premium atau mengelola kenaikan inflasi. Sementara, 40 persen responden mengungkap adanya penurunan pendapatan rumah tangga. 

Baca Juga : Di Hadapan Sekjen Hasto, Ketua PDIP Surabaya Garansi Menang Hat-trick 

Dalam survei ditemukan, 77 persen responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile. Adanya aplikasi mobile memang telah mengambil alih belanja desktop dan in store sebagai pilihan belanja di Indonesia.

Dalam surveinya, disoroti pengalaman belanja dan perilaku pembelian online konsumen Indonesia. Ada tiga kategori, yakni explorers sebesar 45 persen , bargain hunters sebesar 32 persen, dan brand lovers sebesar 23 persen.

Dengan prevalensi dan pertumbuhan mobile shopping di Indonesia, menjadi kesempatan sebuah brand untuk dapat memprioritaskan mobile sebagai ladang pemasaran yang strategis dan efektif untuk mendekati konsumen.

"Masa liburan yang selalu identik dengan penjualan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile,"  ujar Rishi Bedi, managing director Asia Pacific InMobi dikutip dari Marketeers.

Baca Juga : KPU Surabaya Buka Lowongan 155 PPK dan 459 PPS, Daftar Online Lewat Siakba

Loyalitas terhadap brand pun  menjadi sorotan. Lima dari 10 responden berencana beralih merek yang lebih terjangkau dari segi harga. Dan ada 57 persen responden yang telah mencoba merek-merek baru sepanjang tahun. 
Terlebih pada event sale tertentu, seperti yang akan datang
adalah 11.11 dan 12.12 akan semakin menarik konsumen.

Produk-produk skincare, make-up, aksesoris dan gadget masih menjadi produk yang banyak di cari masyarakat pada aplikasi belanja online. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy