Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Harbolnas Segera Tiba, Hasil Survei Ungkap 84 Persen Masyarakat Bakal Menyerbu E-commerce

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

11 - Nov - 2022, 01:49

Ilustrasi e-commerce (pixabay)
Ilustrasi e-commerce (pixabay)

JATIMTIMES - Tak lama lagi, momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022, seperti 11 November 2022 dan 12 Desember 2022.  Pada momentum tersebut, dari survei sebuah perusahaan survei berbasis digital Populix, 84 persen responden bakal menyerbu Harbolnas.

Hal itu terungkap dari laporan survei Populix bertajuk "2022 Harbolnas Shopping Spree" yang membahas tentang preferensi dan perilaku belanja masyarakat Indonesia tahun ini.

Baca Juga : Dituding Hamil, BCL Akhirnya Buka suara: Sedih Kena Body Shamming

Dalam survei itu, melibatkan 1.274 responden baik laki-laki maupun perempuan dengan rentang usia 18-55 tahun. Generasi milenial menunjukkan minat yang tinggi untuk berbelanja pada momentum Harbolnas. 

84 persen responden yang mengaku berbelanja pada Harbolnas itu berada pada rentang usia 26-35 tahun. Sementara itu, responden yang tidak berbelanja didominasi oleh anak muda berusia antara 18-25 tahun.

"Minat masyarakat, utamanya generasi milenial berbelanja di Harbolnas lebih tinggi dibandingkan generasi lain," kata Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu dari lama Populix.

Selama Harbolnas, mayoritas masyarakat mengaku akan berbelanja pada jam-jam tertentu. Di antaranya pukul 00.00 hingga 06.00 WIB 37 persen responden dan pukul 16.01 hingga 23.59 WIB 23 persen responden.

Sementara itu, seperti diketahui banyak e-commerce yang ada di Indonesia. Masyarakat pun telah memiliki favorit e-commerce tersendiri.  

Dari banyaknya e-commerce, 90 responden memilih Shopee untuk berbelanja. Disusul mereka yang memiliki Tokopedia 66 persen, Lazada 34 persen, Bukalapak 15 persen dan JDID 14 persen.

Baca Juga : Mas Dhito Dorong MCP 2022 Capai 90 Persen

Terkait e-commerce favorit pilihan masyarakat, survei menunjukkan Shopee (90%) menempati urutan pertama pilihan e-commerce, baik di antara responden laki-laki maupun perempuan.

Sementara itu, pada Harbolnas akan terdapat berbagai promo menarik. Namun yang paling ditunggu adalah potongan harga atau diskon, dimana 31 responden telah menunggu.

Selain itu, ada promo flashsale yang ditunggu 22 persen responden, promo gratis ongkir ditunggu-tunggu 18 persen, promo cashback sebanyak 12 persen responden yang menunggu dan promo voucher belanja ditunggu 6 persen  responden.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri