Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Wow, Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

16 - Nov - 2022, 07:06

Penampakan Google Doodle hari ini, animasi enam orang memainkan Angklung, alat musik dari Jawa Barat atau daratan Sunda (foto: Google)
Penampakan Google Doodle hari ini, animasi enam orang memainkan Angklung, alat musik dari Jawa Barat atau daratan Sunda (foto: Google)

JATIMTIMES - Google Doodle hari ini, Rabu (16/11/2022) mengusung tema Hari Angklung Sedunia. Jika biasanya logonya bertuliskan Google, namun kali ini nampak unik karena tulisan 'google' diganti dengan animasi enam orang memainkan angklung. 

"Pada hari ini di tahun 2010, UNESCO secara resmi mendeklarasikan angklung, alat musik Indonesia yang terbuat dari bambu sebagai salah satu Warisan Dunia," tulis Google, dilansir laman Google Doodle. 

Baca Juga : Special Screening Film Tegar, Pemain dan Sutradara Sapa Penonton di Malang

Angklung biasanya terdiri dari dua tabung dan sebuah alas. Pengrajin sengaja memotong bambu menjadi tabung dengan ukuran berbeda. Perbedaan itulah yang menentukan nada angklung. 

"Ketika seorang pemain menggoyangkan atau mengetuk dasar bambu dengan lembut, instrumen akan menghasilkan satu nada. Karena angklung hanya memainkan satu nada, pemain harus bekerja sama untuk menciptakan melodi dengan menggoyangkan angklung mereka pada nada yang berbeda," tulis Google. 

Angklung sendiri berasal dari 400 tahun yang lalu dari Jawa Barat, Indonesia. Penduduk desa percaya bahwa suara bambu dapat menarik perhatian Dewi Sri, dewi padi dan kemakmuran.  

"Setiap tahun, pengrajin terbaik desa menggunakan bambu hitam khusus untuk membuat angklung. Selama musim panen, mereka mengadakan upacara dan memainkan angklung dengan harapan dewa akan memberkati mereka dengan tanaman yang subur," terangnya. 

Baca Juga : Ini Waktu Tepat Unggah Video Saat Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022

Menurut Google, alat musik ini masih menjadi pokok dalam budaya Indonesia dan seringkali dipakai pemerintah untuk menyambut tamu terhormat ke Istana Kepresidenan Indonesia.  

"Suara angklung yang membangkitkan semangat dapat didengarkan di kelas-kelas sekolah di seluruh dunia. Karena ini adalah cara yang bagus bagi guru untuk memperkenalkan musik dan budaya Indonesia kepada siswa," tutup tulisan Google. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri

Berita Lainnya