Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bajak Sawah Sudah Tidak dengan Sapi, Anggota Komisi C DPRD Jatim Salurkan Hand Tracktor kepada Puluhan Poktan 

Penulis : Imam Faikli - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Nov - 2022, 05:12

Tampak, Mahfud Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur saat menyerahkan alsintan berupa hand traktor secara simbolis kepada kelompok tani di Bangkalan (Foto: Imam/ JatimTIMES) 
Tampak, Mahfud Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur saat menyerahkan alsintan berupa hand traktor secara simbolis kepada kelompok tani di Bangkalan (Foto: Imam/ JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Aggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur Mahfud, membagikan 29 alsintan (alat mesin pertanian) berupa hand tracktor kepada puluhan kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Bangkalan, Sabtu (26/11/2022). 

Pembagian Alsintan tersebut bersumber dari APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2022, diharapkan dari bantuan ini mampu membantu petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya. 

Baca Juga : Viral, Mahasiswa UI Ditabrak Mobil Pajero Milik Purnawirawan Polisi Hingga Tewas

Menurut Mahfud, di tengah memasukinya musim penghujan atau musim tanam saat ini, Anggota Dewan dari fraksi PDI Perjuangan ini berharap bisa memberikan keringanan saat membajak sawahnya. 

Sebab kata dia, seiring dengan perkembangan zaman, membajak sawah sudah tidak lagi menggunakan sapi, sudah saatnya beralih ke mesin, agar bisa meningkatkan hasil pertanian. 

"Saat ini sudah tidak zaman membajak sawah dengan sapi, selain lama kasihan juga sapinya, makanya alsintan ini menjadi solusi buat masyarakat petani, lebih-lebih saat ini sudah memasuki musim tanam," kata Mahfud, usai memberikan hand tracktor, di Perum IMC Bangkalan. 

Selain itu, dia juga berharap, pengelolaan lahan pertanian di Madura khususnya di Bangkalan, kedepan bisa semi modern, apalagi saat ini membajak sawah tidak lagi menggunakan sapi. 

"Semoga kedepan, melalui alsintan ini petani lebih bisa meningkatkan lahan pertaniannya," lanjut dia. 

Baca Juga : Kecamatan Pakis Kenalkan Kebun Eyangku Inspirasiku dalam Lomba Konten Kreator

Tidak hanya itu, dia juga menekankan terhadap kelompok tani, agar tidak menjualbelikan bantuan yang telah ia berikan, karena bantuan ini murni khusus petani. 

"Saya tekankan, tidak boleh dijualbelikan, nanti akan kami survey, setiap 3 bulan sekali kebawah beserta dengan dinas terkait dari Provinsi Jawa Timur," tegas dia.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Imam Faikli

Editor

Sri Kurnia Mahiruni