Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Pemusatan Latihan Serius, Resep Jabar Pertahankan Juara Umum Porwanas 2022

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

26 - Nov - 2022, 05:39

Tim Porwanas Jabar yang berhasil Hattrick juara umum Porwanas
Tim Porwanas Jabar yang berhasil Hattrick juara umum Porwanas

JATIMTIMES- Jawa Barat menjadi juara umum pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang berlangsung di Malang Raya, Jawa Timur, 20-25 November 2022.

Kontingen Jabar mengamankan 10 medali emas, enam perak, dan empat perunggu sehingga memimpin klasemen akhir. Di bawahnya ada tuan rumah, Jawa Timur, dengan raihan tujuh emas, tiga perak, dan empat perunggu. Di posisi ketiga ditempati Kalimantan Tengah yang membawa pulang tiga medali emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Baca Juga : Pernah Dapat Penghargaan, Camat Bululawang Pastikan 14 Desa Bakal Ikut Anugerah Desa Terbaik TIK

Bagi Jabar, kesuksesan di Porwanas kali ini sama seperti pada dua pelaksanaan sebelumnya di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) pada 2013 dan kala menjadi tuan rumah Porwanas XII di Bandung pada 2016. Dengan kata lain, Jabar meraih hattrick atau juara umum tiga kali beruntun.

Atas capaian itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar berhak atas Piala Presiden yang selama ini diperebutkan, secara tetap.

Hal itu diungkapkan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, saat menutup rangkaian kegiatan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kota Malang.

"Selamat kepada kontingen Jawa Barat, karena akhirnya merebut gelar juara umum. Karena ini hattrick, maka Jawa Barat berhak menguasai Piala Presiden," ucap Atal.

Atal menjelaskan, Piala Presiden yang akhirnya menetap di Jawa Barat itu sudah diperebutkan sejak 1983. Artinya, semenjak pelaksanaan Porwanas pertama, belum ada daerah yang juara umum tiga kali beruntun, kecuali Jabar pada saat ini.

"Berarti untuk Porwanas selanjutnya, kita akan mencetak lagi Piala Presiden yang baru. Mudah-mudahan desainnya lebih bagus. Yang diperebutkan sejak 1983 kondisinya sudah goyang," kata Atal.

Kontingen Jawa Barat menyambut gembira keberhasilan mempertahankan status juara umum sehingga Piala Presiden akhirnya menetap.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat, tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena target berhasil direalisasikan.

"Terima kasih teman-teman, Anda semua luar biasa. Kita tetap bisa (juara) di tengah keterbatasan," ucap Hilman.

Hilman mengatakan distribusi medali emas sesuai dengan target yang ditentukan masing-masing cabang olahraga sebelum keberangkatan. Meski, memang, ternyata ada sedikit pergeseran.

"Yang mengejutkan adalah e-sport yang mampu menyumbang dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Padahal ini merupakan cabang baru, dan kita tak tahu kekuatan lawan. Futsal juga, meski mendapat perunggu, ini merupakan sejarah. Semoga ke depan bisa ditingkatkan menjadi emas," ucap Hilman.

Baca Juga : Kecamatan Pakis Kenalkan Kebun Eyangku Inspirasiku dalam Lomba Konten Kreator

Sebagai apresiasi, Hilman memenuhi janjinya, yakni langsung menyerahkan uang "keperetan" sebesar Rp 5 juta untuk setiap keping medali emas yang berasal dari kantong pribadi.

"Sekali lagi terima kasih atas perjuangannya. Prestasi ini wujud kerja keras bersama," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Jabar, Brilliant Awal, juga menyampaikan rasa bangganya atas perjuangan atlet yang bertarung.

"Alhamdulillah, kita membawa pulang lagi Piala Presiden, dan bahkan piala ini tak akan ke mana-mana, akan selalu ada di lemari Kantor PWI Jawa Barat. Semua berkat semangat dan kerja keras seluruh anggota kontingen Jabar dan doa anggota PWI Jabar," ucapnya.

Ditanya tentang tips resep juara, Awal menyebut berkat pemusatan latihan secara serius. Semenjak tiga bulan sebelum event Porwanas para wartawan di Jawa Barat yang menjadi peserta Porwanas sudah digembleng. 

"Ya semenjak bulan Agustus, September dan Oktober kita sudah melakukan pemusatan latihan," tuturnya.

Selain itu perhatian serius dari Pemprov Jabar untuk para wartawan yang bertanding dinilai berperan serta dalam kesuksesan ini. 

"Terima kasih kepada Pemprov yang sudah memberikan anggaran dari APBD juga," lanjut dia.

Jawa Barat pada Porwanas kali ini mengikuti cabang olahraga bulu tangkis, atletik, biliar, futsal, bridge, catur, e-sport, tenis meja, tenis lapangan, karya tulis, dan fotografi.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri