Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Mie Gacoan Malang Masih Ramai, Meski Belum Kantongi Sertifikasi Halal

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

27 - Nov - 2022, 10:12

Salah satu cabang Mie Gacoan di Malang (foto: istimewa)
Salah satu cabang Mie Gacoan di Malang (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Bagi pecinta kuliner pasti tak asing dengan nama Mie Gacoan. Apalagi, Mie Gacoan ini mudah ditemukan di mana saja karena franchise-nya merajai wilayah Indonesia. 

Contohnya saja di Malang Raya, Mie Gacoan ini punya 8 cabang. Mulai dari Mie Gacoan Soekarno Hatta, Mie Gacoan Tlogomas, Mie Gacoan Sukun, Mie Gacoan Klojen, Mie Gacoan Jalan Jakarta, Mie Gacoan Jalan Ciliwung, Mie Gacoan Singosari hingga Mie Gacoan Batu. 

Baca Juga : 96 Perempuan Ikuti Pelatihan Menjahit, Bupati Sidoarjo: Bisa Tekan Angka Pengangguran

Namun tak banyak yang tahu, kalau ternyata mie yang disajikan dengan pilihan level pedes itu belum memiliki tersertifikasi halal. Meski begitu, pantauan JatimTimes, Mie Gacoan di Malang masih ramai walaupun sertifikasi halalnya belum dikantongi.

Melansir laman resmi Kemenag, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produl Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham memastikan Mie Gacoan belum mengajukan sertifikasi halal. Unggahan sejak Agustus 2022 itupun menjadi sorotan publik. 

Dari unggahan Instagram, Halal Corner menyebut alasan Mie Gacoan tak kunjung mendapatkan sertifikasi halal. Menurut akun tersebut, nama Mie Gacoan yang mengandung unsur 'setan' menjadi penyebabnya. 

Sehingga disimpulkan jika tidak diubah namanya, Mie Gacoan bakal lebih sulit mendapatkan sertifikasi halal. 

Karena kontroversi masalah sertifikasi halal, melalui Instagramnya, Mie Gacoan juga memberikan klarifikasi. 

"Saat ini memang benar, Mie Gacoan belum mengantongi Sertifikat Halal," tulisnya. 

Namun tak perlu khawatir, karena pihak Mie Gacoan memberikan pernyataan beberapa hal berikut ini. 

Baca Juga : Bupati Jember Ajak Masyarakat Ramaikan Gerak Jalan Tajem, Finis Langsung Nobar Semifinal Piala Dunia di Alun-Alun

100% bahan baku Mie Gacoan berasal dari bahan baku yang sudah ter-sertifikasi Halal 

● Seluruh proses produksi kami hanya menggunakan fasilitas yang bebas dari kontaminasi najis, babi, dan turunannya. video Central Production & Resto bisa dilihat di akun Instagram Mie Gacoan

● Mie Gacoan saat ini sedang dalam tahap persiapan sertifikasi Halal yaitu dalam tahap pemenuhan 11 kriteria Halal 

● Arti brand mie gacoan lebih mengarah pada makna “Jagoan” dalam bahasa Jawa, jadi bukan berarti taruhan ya..

"Kami mohon maaf atas keresahan yang Gacoanku rasakan belakangan ini. Tidak ada niat sama sekali dari kami untuk menghilangkan kepercayaan dan keyakinan dari konsumen yang selama ini sudah setia menyantap bersama rekan dan keluarga di Mie Gacoan. Mohon support dan do’a-nya ya... Supaya proses sertifikasi Halal Mie Gacoan berjalan dengan lancar," tulis Instagram Mie Gacoan. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri

Berita Lainnya